Pajak Tinggi untuk Import Sepatu

Pajak Tinggi untuk Import Sepatu

Pajak Tinggi untuk Import Sepatu

Untuk mempercantik penampilan, sepatu menjadi fashion item yang wajib dimiliki oleh pria dan wanita. Alas kaki ini tidak hanya dapat digunakan ketika bekerja dan menuntu ilmu tetapi juga ketika bepergian. Di Indonesia, banyak merk sepatu berkualitas yang dapat kita pilih. Merk sepatu tersebut menawarkan model, jenis dan harga jual yang beragam. Selain menggunakan sepatu yang ada di dalam negeri, kita juga dapat membeli sepatu yang berasal dari luar negeri. Dengan memilih import sepatu, kita dapat memperoleh sepatu dengan model yang tidak ada di dalam negeri. Tak kalah dengan sepatu dalam negeri, sepatu import juga memiliki kualitas yang baik. Untuk mendapatkan tas asal luar negeri, kita harus merelakan pembayaran pajak yang cukup tinggi.

Pajak Import Sepatu yang Diberlakukan oleh Negara

Pajak Tinggi untuk Import Sepatu

Sama halnya dengan barang import lainnya, sepatu import juga dikenakan pajak oleh negara. Pajak import sepatu bahkan diberikan dengan nilai yang tinggi. Selain sepatu, barang yang dikenakan dengan pajak yang tinggi adalah tas dan garmen. Tas yang didatangkan dari luar negeri diberlakukan ambang batas import sebesar 3 dollar US. Jika nilai import melebihi batas tersebut, tarif pajak akan sepatu dapat pencapai 50%. Tarif pajak ini dinilai lebih tinggi jika dibandingkan dengan pajak yang dikenakan oleh e-commerce. Pajak sepatu luar negeri yang diberikan oleh e-commers sebesar 17,5% saja. Jika kita membandingkannya, selisih pajak sepatu tersebut tentunya sangat besar.

Tarif pajak untuk produk sepatu yang masuk ke dalam negeri dibagi menjadi 3 jenis. Yang pertama adalah bea masuk. Untuk sepatu sendiri, bea masuk yang dikenakan sebesar 25% hingga 30%. Yang kedua adalah PPN dengan tarif sebesar 10 %. Yang ketiga PPh dimana besar tarif pajaknya senilai 7,5% hingga 10%. Besar pajak yang dijatuhkan oleh pemerintah didasari oleh masukan yang berasal dari pengrajin sepatu. Banyak sepatu asal luar negeri yang bertebaran di tanah air. Agar pengrajin sepatu dalam negeri tidak menderita kerugian dan dapat terus berkarya, pajak tinggi untuk sepatu import diberlakukan oleh negara.

Seperti yang kita ketahui, banyak pengrajin sepatu dalam negeri yang gulung tikar karena imbas datangnya sepatu dari luar negeri. Kebijakan pajak tinggi untuk sepatu yang beradal dari luar negeri bertujuan untuk menciptakan keadilan bagi produk asal dalam dan luar negeri. Meskipun pemerintah memberikan pajak besar untuk sepatu asal luar negeri, kebijakan ini tidak berlaku bagi sepatu bawaan penumpang. Pajak tinggi hanya diberlakukan untuk sepatu kiriman luar negeri saja.

Bisnis Sepatu Asal Luar Negeri yang Menguntungkan

Import Sepatu

Meskipun pemerintah menerapkan pajak tinggi untuk import sepatu, masih banyak pihak yang tertarik untuk menjalankan bisnis berjualan sepatu asal luar negeri. Hal ini dilakukan karena tawaran keuntungan yang akan dialami oleh pebisnis sepatu import. Di tengah kehidupan masyarakat, kita akan menemukan pihak-pihak yang mendewakan barang-barang import. Sepatu menjadi barang import yang mereka minati. Dengan minat tinggi akan sepatu yang berasal dari luar negeri, pebisnis sepatu akan mendapatkan permintaan yang tinggi pula. Tingginya permintaan akan sepatu ini membuat pebisnis mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Dengan keuntungan yang ditawarkan, minat masyarakat untuk menjalankan bisnis sepatu juga akan meningkat. Masyarakat yang berniat untuk menjual sepatu import secara tidak langsung menggerakkan perekonomian dalam negeri. Sepatu yang diimport dari luar negeri dikenakan pajak tinggi oleh pemerintah. Kondisi ini yang nantinya akan membuat keuntungan bagi negara melalui pajak yang negara terima. Pajak yang dikenakan untuk sepatu bukan menjadi halangan bagi pebisnis untuk membeli sepatu dari luar negeri. Mereka dapat menjual sepatu dengan harga yang lebih mahal guna menutupi besaran pajak yang harus dibayarkan.

Sama halnya dengan fashion item lainnya, sepatu yang berasal dari luar negeri memiliki model yang beragam. Pebisnis sepatu dapat memilih model dengan bebas karena ragam model sepatu yang ditawarkan. Pemilihan model sepatu biasanya dilakukan berdasarkan dengan minat masyarakat saat ini. Jika masyarakat tertarik dengan sepatu santai, pebisnis dapat memesan model sepatu dengan mudah akibat banyaknya model sepatu yang ada di luar negeri. Selain model, sepatu yang didatangkan dari luar negeri juga hadir dengan pilihan warha yang berbeda. Guna memberikan keragaman koleksi, penjual sepatu akan memesan sepatu dari luar negeri dengan pilihan warna yang berbeda.

Sepatu import sangat mudah untuk didapatkan. Kemudahan mendapatkan produk ini membuat pelaku usaha sepatu tidak membutuhkan usaha keras hanya untuk mendapatkan barang yang akan dijualnya. Kemudahan memperoleh produk sepatu dapat terjadi selama pelaku usaha menerapkan prosedur pembelian sepatu dengan baik. Baik pemesanan, pembelian dan pengiriman sepatu asal luar negeri dapat dilakukan dengan mudah jika masyarakat memperhatikan prosedur dan persyaratan yang perlu dipenuhi.