Kepengurusan Import Mobil yang Perlu Diperhatikan

Kepengurusan Import Mobil yang Perlu Diperhatikan

Kepengurusan Import Mobil yang Perlu Diperhatikan

Selain sepeda motor, mobil merupakan kendaraan pribadi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat memilih mobil disebabkan oleh kenyamanan yang diberikan oleh kendaraan beroda empat tersebut. Dengan menggunakan mobil, penumpang dapat terhindar dari terik sinar matahari dan air hujan. Berbeda dengan motor yang hanya dapat mengankut dua orang penumpang, mobil mampu menampung 4 hingga 6 orang penumpang. Sebelum mengendarai kendaraan ini, masyarakat harus mengurus persyaratan yang dibutuhkan. Apalagi jika mobil tersebut didatangkan dari luar negeri atau import, ada beberapa proses yang wajib dilewati oleh masyarakat.

Kesulitan terlihat dengan amat jelas ketika masyarakat berencana melakukan import mobil. Proses birokrasi yang rumit dan berbelit-belit membuat masyarakat harus ekstra sabar untuk mendatangkan mobil dari luar negeri. Jika masyarakat ingin mendapatkan mobil impian, mereka wajib memenuhi persyaratan dan mengurus prosedur import kendaraan beroda empat ini.

Proses Import Mobil Impian

Kepengurusan Import Mobil yang Perlu Diperhatikan

Untuk mendatangkan mobil dari luar negeri, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Pertama, membeli mobil dari agen pemegang merek mobil. Cara kedua adalah dengan mengandalkan diler mobil terpercaya yang dapat memberikan bantuan kepada masyarakat dalam kepengurusan import mobil.  Jika masyarakat tertarik untuk memilih cara kedua, mereka harus berhati-hati dalam memilih diler mobil. Masyarakat jangan sampai tertipu dengan importir bodong yang tidak mampu melengkapi surat kelengkapan mobil dengan baik. Diler mobil yang terpercaya dapat diketahui dengan cara menggali informasi akan diler mobil. Masyarakat dapat bertanya kepada orang lain yang pernah membeli mobil dari luar negeri.

Setelah menentukan cara mendapatkan mobil, proses kedua yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan mobil impian adalah memilih jenis mobil yang akan dibeli. Pemilihan mobil dapat dipertimbangkan berdasarkan dengan selera. Jika ingin mendapatkan mobil mewah, pajak yang harus dibayarkan nantinya cukup tinggi. Mobil dengan menggunakan mesin 3.000 cc lebih tergolong menjadi barang mewah. Pajak mobil mewah ini bahkan setara dengan harga jual mobil. Ketika masuk ke tanah air, harga mobil dapat menjadi dua kali lipat dari harga yang sebenarnya. Masyarakat yang berminat untuk membeli mobil dari luar negeri harus menyiapkan dana yang tidak sedikit.

Proses selanjutnya yang perlu dilakukan dan diperhatikan oleh masyarakat ketika akan membeli mobil luar negeri adalah dengan menyiapkan dokumen penting dan form A. Form A merupakan berkas yang diperlukan untuk import kendaraan. Dokumen yang perlu disiapkan lainnya adalah salinan identitas diri dan surat izin setir kiri. Karena perbedaan hukum dan administrasi, masyarakat membutuhkan biaya tambahan kepengurusan. Agar mobil import legal di Indonesia, masyarakat juga harus mendaftarkanya ke SAMSAT.

Masyarakat juga harus memperhatikan prosedur bea cukai jika ingin mobil import sampai ke tangan dengan mudah. Harga bea cukai untuk mobil yang didatangkan dari luar negeri memiliki harga yang lebih mahal dari harga jual mobil. Jika ingin mendatangkan mobil dari luar negeri, masyarakat sebaiknya mengetahui besaran bea masuk dan pajak dari mobil tersebut. Jika langkah ini diperhatikan dengan baik, masyarakat nantinya tidak akan kesulitan untuk mendatangkan mobil impian yang mereka sukai.

Cara Mudah Mendapatkan Mobil Import Bekas

Kepengurusan Import Mobil2

Tidak hanya membeli mobil baru secara import, masyarakat juga dapat membeli mobil import secara bekas. Jika ditelisik dengan lebih jauh, import mobil sangat rumit dan butuh kesabaran dalam mengurus kelengkapan dokumen mobil. Jika ingin mendapatkan mobil import bekas dengan cara yang mudah, masyarakat dapat mengandalkan lelang yang diadakan oleh bea cukai. Cara ini dilakukan guna menghindari resiko yang besar dan prosedur yang merepotkan. Bea cukai sering kali melakukan pelelangan untuk barang-barang yang tidak bertuan. Kendaraan bermotor yang tidak terurus menjadi salah satu barang yang disita oleh bea cukai.

Pada saat bea cukai sedang melakukan pelelangan, masyarakat dapat mencari tahu apakah bea cukai melelang mobil import atau tidak. Jika beruntung, masyarakat akan mendapatkan mobil import bekas dari lelang yang diadakan oleh bea cukai. Umumnya, harga jual dari mobil tersebut tergolong murah. Untuk dapat menjadi bagian dari lelang mobil, masyarakat hanya perlu melakukan hal yang sama dengan acara lelang pada umumnya. Masyarakat wajib mengisi data dan menyerahkan uang jaminan guna dapat mengikuti lelang.

Mobil import bekas juga dapat diperoleh dari zona bebas. Yang termasuk ke dalam zona bebas adalah Sabang, Papua dan Batam. Jika masyarakat ingin mendatangkan mobil import, ketiga wilayah tersebut menjadi tempat dimana masyarakat akan memperoleh mobil dengan mudah. Meskipun terbilang cukup mudah, masyarakat harus mengetahui dan mempelajari cara import kendaraan dengan benar. Mobil import yang masuk ke Papua membutuhkan persyaratan khusus. Mobil harus telah digunakan di Papua selama tiga tahun. Untuk mendatangkan mobil dari Papua ke rumah, masyarakat harus mengeluarkan biaya pengiriman yang tidak sedikit.